Selasa, 08 Januari 2013

Beberapa hal penting dalam membuat persentasi bisnis yang mengesankan

Banyak orang berpikir bahwa membuka sebuah usaha atau bisnis adalah mudah. Namun, banyak juga orang menganggap bahwa membuka sebuah usaha atau bisnis adalah sulit karena banyak yang harus dipikirkan dan dilakukan untuk membuat usaha atau bisnis menjadi benar – benar “buka” atau terwujud. Sebenarnya banyak cara untuk mewujudkan bisnis atau usaha Anda terwujud, meskipun Anda tidak memiliki cukup banyak modal untuk memulai bisnis Anda sendiri. Seperti yang kita tahu, banyak pengusaha yang pada awalnya tidak memiliki banyak modal, namun mereka bisa sukses meskipun butuh waktu yang cukup lama untuk mewujudkannya. Kunci pertama yang harus Anda pegang jika Anda memutuskan untuk memiliki usaha sendiri adalah tetap berusaha meskipun kegagalan pasti terjadi karena dengan tetap berusaha, Anda menjadi tahu apa yang baik dan apa yang harus Anda lakukan. Bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda? Bukankah pengalaman adalah guru yang paling bijaksana? Coba Anda pahami dua pertanyaan yang paling mendasar tersebut jika Anda mengalami kegagalan dalam membangun usaha Anda.
Namun, kegagalan yang terjadi sebaiknya bukanlah karena Anda “nekat” untuk melakukannya tanpa bekal atau “amunisi” yang cukup dalam ber”perang”. Banyak hal yang bisa Anda persiapkan sebelum maju berperang, terlebih jika Anda tidak memiliki modal yang cukup dalam membuka usaha. Salah satunya adalah dengan melakukan presentasi bisnis. Mengapa? Presentasi bisnis merupakan salah satu hal yang cukup ampuh bagi para pemula bisnis. Dengan melakukan presentasi, mereka bisa mendapatkan tambahan modal untuk membuka bisnis mereka. Banyak para pengusaha yang telah mempraktekkan hal tersebut dan terbukti memang berhasil. Namun, bagaimana membuat presentasi bisnis Anda menjadi mengesankan dan menarik banyak simpati, itulah yang menjadi sangat penting. Pada dasarnya, membuat presentasi kuliah dan presentasi bisnis adalah sama. Anda harus menguasai materi yang Anda bicarakan. Hanya saja, isi dari presentasi tersebut yang berbeda. Lantas, bagaimana membuat presentasi yang mengesankan? Pada dasarnya Anda bisa dengan mudah mengambil contoh dari pengusaha – pengusaha yang sudah terkenal.
Kita bisa mengambil Steve Jobs sebagai contoh. Di setiap presentasi produknya, Steve Jobs sangat menguasai materi yang akan ia bawakan. Bahkan, ia berhasil mengemasnya dengan sangat mengesankan. Anda juga harus mengetahui bahwa karakter Anda diatas panggung (di depan pendengar) juga sangat mempengaruhi, seperti yang Steve Jobs berhasil lakukan di setiap presentasinya. Buatlah suasana seakan – akan Anda sedang berbicara santai dengan pendengar Anda (audience). Jangan jadikan mereka seperti robot dimana hanya terjadi komunikasi satu arah, yaitu dari Anda ke mereka. Komunikasi dua arah menjadi sangat penting ketika hal ini berhubungan dengan sebuah presentasi bisnis karena Anda ingin mereka menjadi rekan bisnis Anda, Anda membutuhkan sesuatu dari mereka, apapun itu. Sama halnya ketika Anda melakukan presentasi di sekolah atau kampus. Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat dosen Anda terkesan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nilai yang tinggi.
Hal penting lainnya adalah fokuskan pada satu atau dua hal dalam presentasi Anda. Apa yang menjadi keunggulan Anda, apa yang mereka akan dapatkan jika mereka membeli barang yang Anda jual atau menanamkan modal ke bisnis anda. Jadikan satu atau dua hal yang Anda fokuskan tersebut menjadi unik dan menarik. Sehingga, tanpa Anda tegaskan keuntungan yang akan mereka akan dapatkan, mereka akan langsung paham. Pada dasarnya, memulai suatu bisnis tidaklah sulit jika Anda tahu bagaimana teknik memulainya karena teknik tersebut adalah “amunisi” untuk Anda ber”perang”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar